Monday, 14 January 2013

Kemana Liburan yang Menyenangkan itu?

     Masa-masa ujian bagi sebagian sekolah dan perguruan tinggi telah usai. Tentunya banyak di antara para pelajar yang mengharapkan nilai baik. UAS atau Ujian Agak Serius Akhir Semester memang biasanya menjadi akhir dari perjalanan panjang selama satu semester menuntut ilmu. Biasanya banyak yang dilakukan oleh para siswa ketika UAS menjelang. Ada yang memilih untuk belajar dengan giat, ada yang memilih untuk membentuk kelompok belajar, dan ada juga yang memilih untuk bertanya kepada orang yang sudah belajar.


     Ujian akhir memang selalu menjadi hal yang di tunggu-tunggu oleh para pelajar. Kebanyakan mereka menunggu karena dampak setelah ujian; LIBURAN!
     Liburan memang selalu dinantikan. Saat dimana pelajar tidak lagi bertemu ruang kelas beserta isinya, tidak bertemu guru dan dosen, sampai tidak bisa bertemu dengan gebetan masing-masing. Selalu ada yang membahagiakan setiap kali awal liburan, tapi semua itu hilang ketika mulai bosan dengan keadaan di rumah (baca: nganggur).
     Hari-hari dalam masa liburan itu tidak ada bedanya dengan menganggur. Yang dilakukan hanya duduk diam saja di rumah. Tapi untunglah kemajuan teknologi telah mengubah semua. Hal-hal membosankan itu bisa teratasi dengan adanya dunia maya. Maka setiap kali liburan pasti banyak orang yang membeli paket Internet. Tujuannya beragam, mulai dari mau mengetahui perkembangan, mau berkomunikasi dengan teman, atau juga yang mau mengobati galau karena baru saja putus dari pasangan, ya meskipun setelah paket habis galau berlanjut.
     Selain berselancar di dunia maya kita juga bisa menyalakan TV. Soal TV aku jadi juga teringat yang dibilang fito soal kerinduan terhadap kartun di hari minggu. Menyalakan TV itu baik-baik saja bagi orang dewasa, tapi bagaimana dengan anak-anak? Sekarang pagi hari kartun yang disiarkan di TV hanya sampai setengah sembilan. Lalu bagaimana setelah itu?
     Sekarang kebanyakan yang muncul di TV adalah acara gosip yang membicarakan konflik Eza Gionino-Ardina Rasti dan juga acara musik seperi Dahsyat atau Inbox. Kan kasihan nanti kalau anak kecil di kasih tontonan gosip, takutnya nanti kalau udah gede banyak yang pada cita-cita jadi kayak Nazar biar nikah sama orang kaya. Jadi apakah acara musik lebih baik daripada Gosip? Tidak juga. Dulu waktu aku masih kecil setelah liburan pasti membicarakan soal Marsupilami yang tayang selama liburan. Sekarang marsupilami telah berganti dengan Olga yang menari-nari di acara Dahsyat. Kasihan sekali jika melihat seorang anak yang mengawali hari pertama sekolah selepas liburan dengan berpose seperti Olga.
Pose Olga
     Liburan sekarang memang tak terlalu menyenangkan seperti dimasa aku kecil dulu. Kasihan jika melihat anak-anak yang nanti cita-citanya mau jadi Jupe atau malah nari-nari khas Olga. Semoga saja liburan yang menyenangkan itu akan kembali memberikan kebahagiaan, utamanya bagi anak-anak. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment