Thursday, 14 March 2013

Kuliah = Liga Champions

     14 Maret 2013. Hari ini liga Champions memainkan pertandingan terakhirnya di fase 16 besar. Banyak hal yang terjadi, misalnya saja gugurnya MU, hilangnya wakil inggris di babak 8 besar, dan tak ada lagi di hati kamu *eh. Kadang juga hal yang terjadi bisa menjadi pelajaran kepada kita. Liga Champions juga kadang seperti kuliah, kita semua punya target yang sama, meskipun jalannya tak selalu mulus. Berikut beberapa partai besar UCL yang bisa kita ambil pelajaran:

1. Manchester United VS Real Madrid (1-2)
     Pertandingan antara MU sama RM ini bisa dibilang sangat menyakitkan, ya utamanya bagi MU. MU yang dengan susah payah menahan imbang RM di stadion Santiago Bernabeu di leg 1 harus mengalah justru di Old Trafford, kandang mereka sendiri. Yang lebih menyakitkan lagi, mereka sempat unggul 1-0 lewat gol bunuh diri Sergio Ramos, hingga wasit Cakir asal Turki yang memberikan kartu merah kontroversial kepada Luis Nani. Setelah kartu merah itu pemainan MU berubah. RM yang unggul jumlah pemain tak menyia-nyiakan kesempatan dengan melesakkan dua gol ke gawang MU lewat Luka Modric dan Cristiano Ronaldo.
     Hal seperti ini juga sering terjadi dalam perkuliahan. MU diibaratkan sebagai seorang mahasiswa, RM sebagai salah satu mata kuliah, dan Cakir adalah dosen. MU mahasiswa ada dalam satu keunggulan dan kemungkinan besar dapat lulus dari mata kuliah RM. Sayangnya saat mendekati akhir perkuliahan MU sedikit bermasalah dengan dosen yang bernama Cakir. Akhirnya sang dosen memilih untuk tidak meluluskan MU.
PS: Kadang dalam kuliah, semangat dan kecerdasan seseorang juga harus dipengaruhi dengan tingkat kedekatan dengan dosen.
Dosen Killer
2. Barcelona VS AC Milan
     Pertandingan antara Barca melawan Milan juga tak kalah dramatis. Di leg pertama, Barca yang merupakan tim unggulan secara mengejutkan takluk 2-0 dari Milan di San Siro. Tapi di Leg kedua yang berlangsung di Camp Nou, Barca membuktikan jika mereka tak main-main. Mereka mampu membalikkan prediksi yang menyebutkan jika mereka tak mungkin lolos dengan mengukuhkan kemenangan 4-0 atas Milan. Dua gol dicetak oleh pemain terbaik dunia Leonel Messi dan dua gol lainnya disumbangkan oleh David Villa dan Jordi Alba.
     Kejadian Barca-Milan juga kadang terjadi di perkuliahan. Tapi kali ini tak menyedihkan seperti kasus yang dialami MU. Barca sebagai seorang mahasiswa diprediksi tak akan lulus pada mata kuliah Milan setelah ketinggalan di leg pertama (baca: UTS). Dengan semangat yang luar biasa Barca berhasil membuktikan jika mereka memang pantas untuk lulus dari Milan dengan cara membuktikannya di UAS. Akhirnya Barca lolos dengan hasil yang memuaskan.
PS: UTS (Ujian Tidak Serius) bukanlah segalanya, masih UAS (Ujian Asli Serius) yang bisa merubah nasib.

     Kadang UCL memang seperti kuliah. Selamat kepada fans dari Real Madrid, Dortmund, PSG, Celtic, Galatasaray, Barcelona, Malaga, dan juga Bayern Munich yang berhasil lolos ke babak delapan besar. Bagi fans dari tim yang sudah tersingkir jangan bersedih, semoga kekecawaan atas nasib tim kalian di UCL akan dibalaskan oleh hasil hasil kuliah kalian. Dan bagi fans yang timnya sudah gugur dan mengalami masalah dalam perkuliahan, jangan bersedih, UCL dan kuliah itu masih ada tahun depan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment