Wednesday, 9 October 2013

I Miss My School


Di dunia ada satu kegiatan yang diikuti oleh seluruh manusia di muka bumi. SEKOLAH. Menurut kamus besar bahasa Indonesia sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Di sekolah para siswa diajarkan untuk mempelajari semua hal yang sebenarnya tidak wajib untuk dipelajari. Bagi sebagian orang sekolah adalah tempat yang sangat berkesan. Mulai dari masa orientasi siswa, masa-masa PDKT dengan teman sekelas, hingga masa-masa ditolak sama teman sekelas yang di PDKT-in.Barangkali jika sekarang kitab suci belum diturunkan, mungkin sekolah akan jadi salah satu nama untuk menggambarkan surga. Suasana yang tenang, guru-guru yang jahat ramah, serta teman-teman yang entah bagaimana caranya selalu bisa jadi manusia terbaik yang pernah kita temui.
Sekolah
Sebagian lain menganggap sekolah adalah tempat yang buruk. Kenyataannya mereka selalu dipaksa oleh guru-guru untuk belajar. Mereka selalu dipaksa untuk memahami pelajaran yang tidak mereka sukai. Mereka dipaksa bangun pagi. Mereka dipaksa harus mengenakan seragam yang sama. Sekolah kadang memang bukanlah hal yang enak. Meskipun sekolah tak selalu menyangkut hal yang baik, tapi percayalah jika setiap orang yang pernah sekolah pasti akan sangat merindukan sekolahnya ketika ia lulus nanti.

Sekarang mari kita renungi salah satu masa-masa terbaik dalam hidup kita. Sekolah sejatinya adalah tempat untuk menuntut ilmu, entah ilmu yang baik ataupun ilmu yang tidak baik. Ilmu baik tentunya ada begitu banyak yang bisa dipelajari. Sekolah mengajarkan begitu banyak hal, mulai dari agama, kewarganegaraan, matematika, IPA, IPS, kesenian, olahraga, dan begitu banyak hal baik lainnya. Semua mata pelajaran pasti punya kenangannya masing-masing. Ada ketegangan setiap kali guru matematika mulai menunjuk untu maju mengerjakan soal di depan kelas, ada rasa penasaran mendalam yang muncul ketika guru biologi mulai membahas sistem reproduksi, ada juga tentang tawa canda bahagia dalam setiap pelajaran kesenian.

Dibalik semua kebaikan itu ada ilmu lain yang diajarkan sekolah. Sekolah kadang mengajarkan kita menjadi orang yang pembohong. Entah berapa banyak siswa yang terpaksa berbohong ketika terlambat datang ke sekolah. Entah apa yang salah dengan terlambat 10 menit dibanding tidak datang ke sekolah sama sekali. Entah berapa banyak siswa yang memilih tidak masuk daripada harus menerima ocehan dari guru-guru yang seakan memaksa mereka untuk selalu tepat waktu. Kenyataannya tidak semua guru bisa datang tepat waktu.

Sampai saat ini apakah ada yang sudah merasa rindu sekolah? Jika belum coba ingat lagi saat pertama kamu ada di sekolah. Anak SD dengan seragam putih merah, putih biru yang kamu kenakan di hari pertama masuk SMP, dan coba ingat juga bagaimana perasaanmu saat pertama kali mengenakan seragam putih abu-abu khas SMA. Apa kau mengingatnya?

Jika sekolah tidak punya kenangan yang cukup kuat bagimu, coba ingat lagi soal orang-orang yang selalu menemani hari-harimu di kelas: Teman sekelas. Siapa yang tak ingat dengan teman sekelas? Teman memang selalu spesial. Merekalah orang yang selalu ada untuk kita. Merekalah orang-orang bodoh yang mau mendengar lelucon kita. Merekalah motivator terbaik setiap kali kita ingin melakukan sesuatu. Mereka jugalah pundak yang selalu ada untuk bersandar. Mereka adalah telinga-telinga yang selalu mau mendengar pembicaraan kita yang kadang memang tak begitu penting. Barangkali jika tak ada mereka, sekolah hanya akan terlihat seperti sebuah bangunan yang mungkin akan menjadi tempat syuting acara-acara misteri di TV yang selalu mengejar rating. Tanpa teman, sekolah tak ubahnya mimpi buruk.

Persahabatan


Di sekolah, teman-teman adalah orang yang sangat hebat. Teman memang bukanlah manusia sempurna, tapi mereka selalu berharga. Jika tak berharga barangkali seorang Patrick Star akan lebih memilih menjadi orang yang sangat pandai. Mungkin kita bisa belajar banyak dari seorang Patrick Star, seorang yang dianggap bodoh tapi selalu setia terhadap sahabatnya.

Sekarang sekolah adalah kenangan. Barangkali memang bukan kenangan terbaik, tapi sekolah selalu punya cerita indah untuk dikenang. Semuanya yang menyangkut sekolah adalah hal yang menarik. Masuk jam 7 pagi, mengenakan pakaian yang sama, berada dikelas dengan jadwal yang teratur, menertawakan guru yang sedang mengajar, memperhatikan HP ditengah pelajaran, nyontek pekerjaan teman, kisah kasih di sekolah, nongkrong saat jam istirahat, dan semua hal yang patut dikenang dari bangunan yang sering disebut dengan "sekolah".

Ada 3 hal yang selalu kita dapatkan setelah lulus sekolah: pelajaran, kasih sayang, dan kenangan. Untuk semakin memperkuat kenangan tentang sekolah, saya ingin menyisipkan satu video musik tentang sekolah. Judulnya Putih abu-abu dari Ponco. Meskipun videonya lipsync tapi semoga liriknya bisa memanggil kenangan indah di sekolah.  Finally, i miss my school.

Share:

4 comments: