Sunday, 10 November 2013

Kartun Di Dunia Nyata: Menyenangkan Atau Menyeramkan?

Minggu adalah hari yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang, alasannya karena hari minggu itu libur. Ada begitu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di hari minggu mulai dari berolahraga bagi yang sibuk selama bekerja selama seminggu, hari mencuci bagi para mahasiswa perantauan, dan bagi saya hari minggu adalah hari kartun.

Kartun merupakan salah satu jenis tontonan yang menyenangkan. Dengan menonton kartun kita bisa tertawa lepas dan tentu saja berimajinasi. Hal-hal itulah yang menyebabkan kartun tidak hanya menjadi tontonan bagi para anak-anak. Sekarang banyak orang yang tidak bisa disebut lagi sebagai anak-anak tapi mereka tetap menikmati kartun. Ya, kartun memang tontonan yang tepat bagi semua umur. Maka terpujilah sang pemilik ide untuk membuat kartun pertama kalinya.

Film kartun mempunyai jenis yang beragam. Ada jenis pahlawan seperti Justice League, ada jenis yang konyol seperti Shinchan, dan ada juga pahlawan yang konyol seperti Hebring. Karena memiliki jenis dan beragam dan cerita yang menarik, banyak orang di dunia nyata yang memimpikan agar kehidupan mereka menjadi seperti yang ada di cerita-cerita kartun, atau setidaknya tokoh kartun itu menjadi kenyataan. Sekilas seperti terlihat menarik, tapi coba pikirkan lagi jika hal itu benar-benar terjadi. Membahagiakan atau Menakutkan?

HEBRING
Untuk menjawab pertanyaan diatas, mari kita sedikit berimajinasi bagaimana jika mereka benar-benar berada di dunia nyata.

1. Spongebob Squarepants

Spongebob Squarepants
Kartun pertama adalah Spongebob. Siapa yang tidak kenal kartun sponge berwarna kuning ini? Di kartun ini diceritakan tentang kehidupan dibawah laut. Ada spongebobPatrick Star yang berbentuk bintang laut, Sandy Cheeks si tupai, tuan Crabs si kepiting, Larry si udang, dan banyak lagi. Sekilas kartun ini menceritakan sesuatu hal yang sangat sederhana, kehidupan bawah laut. Karena lucunya kartun ini jadi banyak yang berharap jika kehidupan bawah laut Spongebob benar-benar ada. Kelihatannya sih lucu, tapi apa lucunya ketika kalian sementara nyuci piring tiba-tiba terdengar suara yang teriak-teriak geli? Sponge hidup? Ah itu sebuah cerita yang menakutkan.

Kalo kehidupan di kartun ini benar-benar ada di dunia nyata tentunya kehidupan kita akan sangat menyedihkan. Tidak ada ceritanya lagi makan makhluk-makhluk laut. Mungkin para nelayan tidak akan tega ketika menangkap ikan dan si ikan mengatakan jika dia bertindak selaku orang tua tunggal bagi para anak-anaknya, intinya tak ada lagi ikan untuk dimakan. Kita akan jadi mengerti bahasa mereka dan itu akan membuat kita tidak tega terhadap mereka.

Ada juga cerita tentang Sandy. Tupai pintar yang berasal dari daratan dan menjadi ilmuwan di bawah laut. Sandy pasti bukanlah tupai yang menginspirasi pepatah sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Sandy kan ilmuwan bawah laut, jadi dia tidak melompat di atas pohon. Pepatah ini salah jika Sandy benar-benar ada di dunia nyata.

Itu tadi jika para tokoh Spongebob ada di dunia kita, sekarang kita bayangkan bagaimana jika kita ada di dunia mereka. Spongebob tinggal di suatu tempat bernama Bikini Bottom. Itu terdengar biasa saja karena itu hanya sebatas nama, lagipula itu berbahasa Inggris jadi terdengar keren. Yang jadi masalah bagaimana jika mereka benar-benar tinggal disitu. Apakah kita juga akan tinggal disitu? Belum mengerti? Coba artikan "Bikini Bottom" ke dalam bahasa Indonesia. Bagaimana saya bisa hidup di balik bikini?

Apakah ini bikini bottom?
2. Doraemon

Doraemon
Doraemon juga menjadi salah satu kartun yang paling banyak diharapkan agar ada di dunia nyata. Doraemon merupakan robot kucing dari abad ke 22 yang dikirim ke abad 20. Karena kecanggihannya itu ada banyak orang yang menyukai Doraemon bahkan terinspirasi dari tokoh kartun satu ini. Saya punya teman cewek yang suka Doraemon, ceritanya dia didekatin dua orang cowok yang satu cakep yang lainnya juga jelek cakep. Tapi temen memilih cowok ke dua yang tidak lebih cakep dari cowok pertama, alasannya sederhana, karena cowok kedua lebih mirip tokoh di Doraemon, Suneo.

Suneo
Doraemon memang kartun yang begitu menginspirasi. Ada begitu banyak orang yang menginginkan Doraemon ada di dunia nyata untuk membantu mereka. Tapi apakah mereka tahu Doraemon datang untuk membantu Nobita yang bodoh dan malas-malasan? Jika Doraemon ada maka seberapa banyak orang bodoh dan malas-malasan di dunia ini? Mau jadi apa bangsa kita ini?

3. Captain Tsubasa

Era keemasan timnas Jepang
Captain Tsubasa adalah kartun yang sebenarnya cukup realistis. Tidak ada soal kehidupan bawah laut dan juga tidak ada robot kucing dari abad ke 22. Tapi meskipun begitu Tsubasa juga aneh jika berada di dunia nyata. Di Tsubasa diceritakan jika tokoh-tokohnya memiliki tendangan dengan kekuatan yang luar biasa. Ini sepertinya kita tidak sedang menyaksikan pertandingan sepakbola, tapi malah terlihat seperti adu ilmu. Tsubasa punya tendangan jarak jauh yang luar biasa, ada juga Soda dengan tendangan pisau, dan yang paling bahaya adalah Hyuga dengan tendangan macan. Tendangan Hyuga kemungkinan besar masuk karena bola akan berubah menjadi macan setelah ditendang, di dunia nyata hampir tidak ada orang yang berani menghalangi macan yang sedang berlari kencang dengan tangan kosong.

Tendangan macan
Selain itu ada suatu hal yang agak tidak masuk akal dari kartun satu ini. Di kartun ini sebelum menendang bola, Tsubasa masih bisa berbicara dengan musuhnya entah menggunakan telepati atau apa yang pasti mereka bisa berkomunikasi dalam pertandingan. Dan perbincangan itu terjadi ketika kaki Tsubasa telah diayunkan untuk menendang bola. Ini akan terlihat aneh jika ada di dunia nyata. Bayangkan jika Cristiano Ronaldo sebelum menendang bola masih akan bicara dengan kiper, pasti bolanya akan segera direbut duluan. Mimpi menghadirkan Tsubasa di dunia nyata akhirnya gagal.

Sekarang saya sadar jika kartun indah karena itu memang di dunia mereka, bukan di dunia kita. Kita bisa saja meniru dan ingin seperti menjadi orang hebat, tapi itu bukanlah kita. Kadang kita juga bisa tertipu dengan apa yang sekilas kita lihat, padahal yang kita lihat hanyalah bagian kecil dari yang sebenarnya. Kadang juga apa yang menurut kita baik, bukanlah hal yang benar-benar baik.

Meskipun begitu kartun tetaplah salah satu tontonan yang luar biasa. Saya juga sangat suka dengan kartun. Kartun itu membuat pikiran kita melawan logika. Kartun mengajarkan juga kadang apa yang terlihat tidak mungkin bagi kita sebenarnya bisa kita raih. Intinya kartun tetaplah kartun, menghibur, punya pesan moral, dan selalu menyenangkan.

Sayangnya kartun yang kebanyakan disiarkan di TV kita bukanlah karya anak bangsa. Padahal karya pemuda-pemudi Indonesia tidak kalah bahkan ada yang lebih baik dari kartun buatan orang luar negeri. Industri animasi kita memang belum terlalu berkembang, kita masih membutuhkan kerja keras dari para animator lokal yang kelak nantinya akan menjadi pahlawan karena akan membuat animasi karya anak Indonesia akan dapat diputar di seluruh dunia.



Selamat hari pahlawan, terima kasih untuk para pendahulu yang telah memperjuangkan jiwa raganya. Kami berjanji akan terus berjuang dengan cara kami sendiri, mungkin lewat pendidikan, menulis, atau dengan mengembangkan industri kreatif seperti animasi misalnya. Selamat hari pahlawan, mari berkarya untuk melanjutkan usaha keras para pahlawan kita.


Share:

9 comments:

  1. Kartun cukup dinikmati aja lewat layar kaca.. Hoho. Semoga karya orang2 Indonesia di bidang animasi makin maju. Selamat hari pahlawan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga lebih bagus dan industri dapat tempat di tv swasta kita

      Delete
  2. tapi ada juga kok animator indonesia yang jago. kayak animator tintin kan org indo.

    gua berharap satu alat aja sih dari Doraemon. Cermin Pengganda.
    hehe

    mampir ke blog ku juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Indonesia emang jago2, tapi ya gitu. Disini wadahnya kurang jadi ya kerjanya di luar negeri

      Delete
  3. Selamat hari Pahlawan !

    Saya suka kartun Doraemon hehe

    ReplyDelete
  4. banyak animator keren dari negara kita yang kerja diluar negeri, ya tau sendiri kan negara kita dan orang-orangnya kayak gimana -_-
    eh, btw, baru tau kalo ada superhero Hebring, nice post! *langsung googling hebring*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, industri perfilman sibuk ngurusin horor, mau masuk televisi kalah sama sinetron, berharap bantuan pemerintah juga susah.
      Iya hebring keren, superhero kocak.

      Delete
  5. Dari deretan kartun diatas, yang sering di tonton doraemon..

    ReplyDelete