Sunday, 5 January 2014

SMS: Nyasar atau Tepat?



Sebagai orang yang hidup di era 2010an, kita tidak bisa terlepas dari salah satu alat komunikasi yaitu HP. HP adalah salah satu alat komunikasi yang berfunsi seperti telepon rumah tapi lebih kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Perkembangan zaman yang terus maju membuat HP semakin lama semakin canggih. Dari yang dulu hanya sebatas telepon dan sms hingga sekarang telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti kamera, instant messaging, kalkulator dan lain sebagainya. Barangkali suatu saat ketika teknologi semakin canggih, nanti HP juga akan memiliki fitur seperti AC ataupun bisa menjadi toilet.


Meskipun telah berkembang dan memiliki begitu banyak fitur canggih di dalamnya, HP tetap saja tidak bisa terlepaskan dari salah satu fitur yang ada di awal kemunculan benda ini, SMS. SMS adalah salah satu layanan dimana pengguna HP bisa mengirim pesan teks kepada orang lain. Fitur ini sangat dibutuhkan karena seseorang bisa mengirim pesan kepada orang yang sedang tidak bisa dihubungi dengan telepon. Penggunaan SMS juga bisa terlihat jelas pada orang yang sedang pacaran. SMS sangat diandalkan karena dengan SMS seseorang bisa mengirim pesan ke lebih dari satu orang di waktu yang sama. Makannya kalo diantara kalian punya pacar yang gak mau ditelepon, waspadalah, bisa jadi dia sedang smsan sama cewek lain.

Namun sekarang SMS bukan lagi soal mengirim pesan pribadi ataupun sarana selingkuh yang efektif, banyak sekali orang yang mencari uang lewat SMS. Ada begitu banyak motif penipuan yang terjadi disini. oleh karena itu jangan sampai tertipu dengan SMS masuk dari nomor yang tidak dikenal. Sekarang SMS semakin aneh-aneh saja. Berikut saya akan memberikan contoh sms yang “aneh” dan seringkali nyasar ke HP seseorang.

1.   1.    SMS Hadiah
SMS aneh pertama adalah SMS hadiah. SMS seperti ini kebanyakan adalah SMS tipuan. Modus dari SMS hadiah ini adalah dengan memberikan iming-iming hadiah kepada calon korbannya. Saya sendiri pernah menelepon nomor yang ditulis di SMS, ketika diangkat saya minta telpon balik dengan alasan tidak punya pulsa dan akhirnya si pemilik nomor menelepon balik saya. Entah saya yang butuh hadiah atau dia yang butuh kepastian korban lagi. Salah satu keanehan lagi dari SMS hadiah adalah website yang dituliskan. Saya pernah mendapati SMS hadiah yang katanya dari Telkomsel tapi websitenya ada blogspot. Ini sejak kapan telkomsel pake blogspot. Masa sih mau bagi hadiah jutaan bisa tapi beli domain aja gak bisa. Itu bagaikan kamu beli tiket jalan-jalan dengan pesawat ke Prancis tapi kamu tidak tau bandara itu bentuknya seperti apa.
SMS hadiah
      2.    SMS Penjualan
Sama seperti SMS hadiah, SMS penjualan juga kebanyakan adalah penipuan. Hanya saja modus penipuannya lebih rapi. Disini pengirim SMS berpura-pura menjadi seorang penjual dan meminta kita untuk menghubunginya. Nantinya isi dari SMS mengatakan meminta kepada kita untuk membayarkan uang mukanya terlebih dahulu sebagai tanda kesepakatan harga. Seperti modus penipuan pada umumnya, penipuan ini juga meninggalkan nomor telepon agar bisa dihubungi. Saya pernah dapat SMS dan saya telepon nomernya, setelah diangkat katanya saya mau membeli tanah dan telah menjadi kesepakatan harga dengan penjual. Saya memang tidak ada niat membeli tanah, tapi saya salut kepada penjualnya yang menawarkan tanah. Meskipun saya tidak terlalu membutuhkannya, tapi kan setidaknya saya bisa membangun rumah masa depan dengan dia di tanah itu. *eh malah gombal*
SMS penjualan

3    3. SMS anggota keluarga minta pulsa
Penipuan dengan modus yang satu ini juga merupakan penipuan yang sering terjadi. Modusnya dimana sms dikirim dengan alasan ada seorang anggota keluarga yang meminta agar diisikan pulsa karena dia sedang dalam keadaan darurat. Modus penipuan seperti ini adalah modus penipuan yang sangat cocok untuk digunakan pada hari ibu. Pada hari ibu kan banyak orang yang ngucapin selamat hari ibu, nah siapa tahu aja dia bakalan berbaik hati buat ngirimin pulsa ke ibunya. Lagian kalo benar-benar sayang itu kan harusnya dibuktikan, bukan sekedar diucapkan.
SMS anggota keluarga minta pulsa
      4.    SMS togel
Barangkali diatara anda semua ada yang pernah bahkan sering menerima SMS togel seperti diatas. SMS togel saya kategorikan sebagai SMS aneh karena juga terdapat beberapa kejanggalan pada SMS ini. Misalnya saja kenapa mesti togel? Padahal jumlah peminat togel sangatlah sedikit dibanding misalkan saja menawarkan jasa kekasih part time. Barangkali itu akan lebih efektif jika digunakan di malam minggu. Kejanggalan lainnya adalah si pengirim pesan rela membantu penerima SMS dengan menjanjikan uang jutaan rupiah dan dia hanya meminta pengembalian pulsa sebesar 20 ribu. Bagaimana bisa dia mau ngasih banyak ke orang sedangkan dia sedikit. Ini bagaikan mau ngajarin Syahrini bagaimana caranya bikin jambul.
SMS togel

5.   5.    SMS cewek bookingan
Ini salah satu bentuk SMS aneh yang terbaru. Saya sendiri tidak tahu apakah ini masuk pada pembohongan atau tidak karena saya belum mencoba menghubungi nomor teleponnya. Isi sms ini yaitu dengan memberikan sederet nomor HP yang katanya merupakan cewek bookingan. SMS ini tergolong aneh karena dia mengirimkan SMS secara random dan tidak semua penerima SMS adalah laki-laki. Lagian jika dikirim ke laki-laki juga belum tentu juga akan dihubungi, kan banyak juga laki-laki yang sukanya cowok. Saya sendiri bingung dengan bagaimana teknik mengacak nomor telepon yang dilakukan sehingga bisa nyasar ke nomor saya, kok bisa tahu ya kalo saya juga lagi butuh? *eh
SMS cewek bookingan
Sekian sedikit pembahasan saya mengenai keanehan SMS nyasar di Indonesia. Ada sebagian orang yang setuju dan ada yang tidak. Tapi percayalah, tidak semua SMS yang mirip dengan contoh diatas adalah penipuan. Karena terkadang apa yang terkonsep jahat oleh pikiran kita bukanlah hal yang  jahat, oleh karena itu kadang kita perlu mencari tahu yang sebenarnya sebelum menyimpulkan sesuatu. Mencari tahu yang sebenarnya memang perlu agar tidak terjadi hal-hal seperti dibawah ini.

Share:

8 comments:

  1. haha. untung sms operator gak termasuk ya. rada sebel juga sih kalau dapat sms kayak gitu. tapi gak usah acuhin lah. santai aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Operator itu paar yang ideal, dia selalu SMS kita, kalo gak dibales dia juga gak bakal marah :)

      Delete
  2. yah untung aja gak sms minta kenalan, eh pas sudah seneng ternyata emang sms nyasar HAHAHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka, ini di Cc-in gak nih? hahaha

      Delete
  3. hahahha...sms kaya gitu kadang "gak penting" banget :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kadang sih, emang beneran gak penting *eh

      Delete
  4. Hai, postingan yang bagus. Oiya ada info lomba seru nih, bisa cek ini -> http://pujaputri.blogspot.com/2014/02/mari-mengenal-kampung-fiksi-lebih-dekat.html Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete