Sunday, 2 March 2014

Kumpul Keblog Malang

Minggu kali ini saya mau nulis soal pengalaman pertama kali saya ikutan kumpul keblog di Malang. Ada yang tau kumpul keblog itu apaan? Baguslah kalo udah tau. Bagi yang belum tau, kumpul keblog itu adalah salah satu kegiatan yang di adain oleh Jamban Blogger. Isinya ngapain? Ya isinya ngumpul dan sharing-sharing soal ngeblog dan lain-lain. Ngumpul sesama blogger lah. Iya sesama blogger karena yang bisa ikutan gak mesti anak Jamban Blogger kok.
Kumpul keblog Malang
Saya sih tau kabar soal kumpul keblog ini karena semalam di sms sama Hena buat disuruh ikutan kumpul keblog di Indomaret Point jam 10 pagi. Saya masih agak ragu sih buat datang, soalnya belum ada yang dikenal. Tapi dengan berani saya akhirnya juga mengiyakan ajakan dari Hena. Ya hitung-hitung biar gak ngenes aja seharian di kos. Selain itu kan juga bisa ketemu orang-orang baru yang hebat-hebat lainnya.

Karena ini kesempatan pertama kalinya saya ikutan kumpul keblog jadi intinya saya harus datang dengan penampilan terbaik. Saya udah mandi dari sekitar jam sembilan lebih lima belas menit lah. Udah siap-siap biar kelihatan lebih keren. Lima menit berlalu, saya belum kelihatan keren. Sepuluh menit berlalu, juga masih belum kelihatan keren. Saya berinisiatif untuk SMS Hena buat ngasih tau kalo kayaknya bakalan telat dikit. Akhirnya setelah 15 menit di depan cermin saya berangkat juga. Tidak, bukan karena udah keren, tapi nanti kelamaan kalo gak berangkat-berangkat.

Akhirnya saya sampai dengan sangat ancur keren di Indomaret Point. Saya gak langsung masuk sih, masih coba narik napas dulu perlahan diluar. Ini pertama kalinya sih, makannya tegang. Rasanya udah kayak suami yang lagi nungguin istrinya yang lagi proses persalinan anak pertama mereka. Agak berlebihan sih contohnya. Intinya tegang, Udah gitu aja.

Saya segera masuk dan naik ke lantai dua. Disana udah ada Hena dan entah yang lainnya lagi siapa. Ini adalah sepuluh detik yang bikin canggung dalam hidup. Ada di ruangan bersama orang-orang yang baru dikenal. Akhirnya saya memutuskan kenalan dengan beberapa orang yang ada disitu. Setelah melewati detik-detik canggung akhirnya saya kenalan dengan yang lainnya.

Kumpul keblog dimulai juga dan kegiatan di mulai dengan apa promosi buku barunya Jamban Blogger. Sebagai salah satu yang nulis di buku itu saya juga kebagian jatah buat promo meskipun hanya terlewatkan begitu saja karena masih ada sisa-sisa canggung tadi itu.
Ceritanya promosi
Tapi bicara soal bukunya ya. Saya sih baru baca sebagian dan bagi saya sebagian yang saya baca itu isinya keren. Dia bisa mainin perasaan kita pas baca. Ada ketawa, ada sedihnya juga. Keren deh. Siap-siap aja ngerasa kayak yang ada di ceritanya. Tergantung juga sih. Kalo saya ya merasa kesindir sama beberapa tulisan yang udah saya baca.

Setelah promo buku baru ada sesi berikutnya. Sharing soal dunia kepenulisan bersama dengan mas Ady. Mas Ady ini udah pernah ngeluarin buku loh. Sesi ini adalah sesi yang menarik karena saya pribadi dapat begitu banyak pelajaran baru dari mas Ady. Dan pelajaran terpenting yang saya dapat dari mas Ady yaitu perantau juga bisa makmur.
@adygila
Setelah itu ada mas Hena yang ngisi materi soal stand up comedy. Itu loh acara yang biasa di TV kalo malam. Hena bahas teknik-teknik yang sering digunakan dalam stand up comedy. Ada oneliner, rule of three, callback, dan juga teknik lainnya.
@henasatya
Setelah itu ada yang minta foto sama penulis-penulis kayak Hena, Ady, sama Boncel. Kebetulan mereka bertiga juga hadir di kumpul keblog kali ini. Mereka bertiga emang udah pernah punya buku semua sih. Tapi saya kan juga udah penulis tapi kok saya gak diajak foto ya?

Akhirnya setelah mereka berfoto akhirnya ada juga yang ngajakin saya buat foto. Mungkin mereka yang ngajakin foto ini saat itu sedang terganggu kejiwaannya hingga ngajakin saya foto. Saya sih merasa kalo mereka ngajakin foto bukan karena tulisan saya yang keren apa gimana, tapi karena kasihan ke saya aja sih. Muka saya memang kadang bisa mengundang belas kasihan, tapi kalo dikasihani malah bisa berubah jadi sengak. Kadang sih gitu.
Foto bersama perempuan yang khilaf milih orang buat diajakin foto
Terakhir foto bersama yang sekaligus menutup acara kumpul keblog Malang kali ini.
Jamban Blogger Malang
Pulang? Belum.

Setelah dari situ saya, Hena, Ady, Mega, Dike, sama mbak Ardien masih ke dome UMM. Diajakin Hena sih buat ngelihat festival yang agak Jepang gitu. Ada cosplay juga disana. Saya sih baru kali pertama ikutan acara kayak ginian dan saya baru sadar ternyata Naruto lebih baik hanya hadir sebagai anime. Ada yang dandan mirip Naruto, kostumnya udah keren, eh sayang terlalu kurus. Kalo sekurus itu mah dilawan sama anak STM juga bakalan mati si Naruto.

Selain menikmati festivalnya, kami juga menyempatkan diri untuk meminta beberapa orang buat foto dengan buku barunya Jamban Blogger. Coba dilihat dulu deh.
Keren kan?
Kegiatan hari ini akhirnya ditutup dengan ketemu mbak Lia. Jadi mbak Lia ini adalah salah satu editornya penerbit anak kita. Sebelumnya sih dia adalah editornya media kita yang nerbitin buku Galau punyanya Jamban Blogger. Ada sedikit sharing diantara kami dengan mbak Lia. Mbak Lia orangnya baik dan enak diajak buat sharing soal kepenulisan. Akhirnya mbak Lia ngasih kartu namanya dia. Semoga ini langkah awal buat bisa nerbitin buku lagi, amin.

Nah tadi itu pengalaman saya yang baru pertama kali ikutan kumpul keblog. Kesannya? Keren. Selain bisa nambah teman, saya juga bisa kenyang karena ya tadi di traktir sama mbak Lia. Kumpul keblog kali ini sukses berat. Padahal semalam saya agak ragu karena nanti banyak orang baru yang belum dikenal. Akhirnya saya memutuskan ikut dan akhirnya saya dapat ilmu baru dan teman-teman baru.

Intinya gini, kadang kita harus berani keluar dan menghadapi hal baru buat dapatin sesuatu yang berharga. Contohnya ya seperti yang saya alami. Kalo aja saya gak datang karena gak kenal sama orang-orangnya pasti saya gak bisa dapat teman baru, dapat ilmu baru, dan juga gak dapat makan siang gratis.
Share:

6 comments:

  1. keren. di jamban blogger emang keren semua sih. waktu pas pertama kopdar di medan jg seru. bisa jumpa kawan baru dan asik semua.

    ReplyDelete
  2. Wah seru yaa, jadi kangen KumpulKeblog XD

    ReplyDelete