Sunday, 18 May 2014

Move On Bersama Lutut Yang Terluka

Dulu waktu saya masih SD saya pernah jatuh pas main bola sama anak-anak kompleks di jalan. Akibatnya lutut saya berbenturan mesra dengan sebuah batu tajam. Rasanya waktu itu sakit banget, banyak darah yg keluar dari lukanya itu. Karena luka itu saya tiap hari harus rajin ngobatin lukanya. Setiap hari ngebersihin lukanya. Sabar.

Setelah beberapa lama berselang akhirnya lukanya mulai tertutup. Ada benang-benang fibrinogen yang mulai terlihat tipis melapisi luka tersebut. Kemudian secara perlahan lukanya akhirnya hilang. Tapi masih membekas. Intinya, tak ada luka yang abadi lah.

Sama seperti itu yang biasanya dirasain orang yang jatuh cinta. Pertama bahagia, kemudian jatuh, sakit. Udah gitu harus berupaya buat nutup rasa sakit tersebut. Kemudian mulai tertutup seiring dengan adanya cinta baru yang mungkin juga akan menyakitkan. Mungkin aja sih ya.

Terakhir rasa sakitnya memang benar akan hilang seiring adanya cinta baru tersebut. Ya kurang lebih siklusnya seperti itu lah. Meskipun ada yang ketika lukanya sembuh memilih kembali mencoba apa yang telah membuat dia sakit sih. Itu pilihan. Sebagian lain memilih move on. Nah sebagai orang yang baik saya mau ngasih tips move on buat kalian semua. Perhatikan baik-baik ya.

1. Pastikan playlist lagu kamu jangan yang galau
Ini satu hal penting kalo beneran pengen move on. Musik itu sangat berpengaruh. Bisa memotivasi lah. Gimana mau move on kalo tiap hari dengerinnya lagu-lagu galau. Memang sih niatnya mau move on tapi gak harus dengerin lagu galau juga kan?

Saya sih orangnya cepat terpengaruh dengan musik. Kalo lagi kurang semangat mah dengerin lagu River-nya JKT48 juga cukup buat naikin semangat lagi. Bagi saya efeknya mirip kayak mizone lah. Kalo lagi baru putus? Dengerin lagunya Edane yang Kau Pikir Kaulah Segalanya aja coba.

Iya dengerin lagu itu kalo beneran mau move on. Gimana mau move on kalo dengerinnya lagu The Script yang The Man Who Can't Be Moved? Belum lagi kalo yang didengerin lagu The Man Who Can't Be Moved yang dicover sama si mantan. *eh
Lagu Yang Harus Dihindari
2. Minta dukungan teman
Nah kalo lagunya Edane tadi udah cukup yakinin kamu buat beneran pindah saatnya cari dukungan buat memperkuat keputusan di awal kamu. Teman. Dukungan dari seorang teman bisa jadi sumber utama penguat kamu. Percaya deh.

Banyak orang yang udah yakin mau move on karena udah terlalu sakit tapi malah salah nyari dukungan. Dia malah dapat dukungan dari pihak si cowok. Namanya juga teman pasti bisa mempengaruhi. Hasilnya salah lagi, sakit lagi. Prinsipnya nyari dukungan ini kurang lebih sama lah kayak koalisi partai buat majuin calon presiden.

Yang paling penting ketika nyari dukungan kamu juga harus berhati-hati ya. Ingat, jika kamu merupakan aset yang bagus bisa jadi ada maksud terselubung dari setiap dukungan. Saya tahu betul soalnya kalo saya dukung orang biasanya ada maksud tertentu. *eh
Terselubung
3. Jangan coba-coba kontak mantan
Ini juga poin yang penting kalo beneran mau move on. Gimana mau move on kalo tiap hari kontak dia terus. Bukannya mau pindah kedepan tapi malah balik belakang. Kalo mau move on itu kayak naik kereta api lah. Bisa noleh kebelakang tapi gak bisa buat mundur lagi. Ibaratnya gitu lah.

Ini cuma menurut saya aja sih ya. Karena kalo saya mau move on ya saya gak pernah ngontak mantan lagi. Pernah sih sekali saya udah ngambil HP mau ngontak mantan tapi niat tersebut saya batalkan. Iya batal. Waktu itu saya kehabisan pulsa.
Kontak Mantan
4. Perbanyak hubungan dengan orang lain
Maksudnya disini bukan pacaran dengan banyak orang loh ya. Kalo udah mau move on ya harusnya pindah ke orang baru dong ya. Makannya kamu harus punya banyak teman yang kemungkinan akan mempertemukan dengan orang baru. Makannya banyakin teman biar bisa dapat orang baru yang lebih keren.

Pokoknya harus perbanyak hubungan dengan orang lain. Misalnya saja rajin-rajin keluar rumah. Main ke rumah teman. Lakukan itu selama sebulan. Ini sangat menolong bagi anak kos. Apalagi kalo datang ke rumah teman pas jam makan siang atau makan malam. Hitung-hitung kan bisa menghemat uang bulanan.

5. Let go
Ini juga paling penting buat orang yang ingin move on. sederhananya percuma udah ngelakuin semua tapi pasa akhirnya kamu juga gak gerak? Itu sama aja kayak kamu udah latihan buat jadi pengibar bendera buat acara 17 agustus tapi ternyata pas tanggal 17 agustus itu kiamat. Kan sayang udah latihan sebelumnya.

Kalo let go ya seenggaknya udah mulai bisa PDKT atau seenggaknya udah ngetweet no mention gitu lah. Tergantung nyamannya kamu aja. Kalo saya sama Nabilah sih nyamannya begini.
Tweet Nomention
Nah sekian tips dari saya mengenai move on. Jangan percaya 100% karena tips ini dibuat dengan kondisi dimana kepala masih nyandar di bantal dengan indahnya. Lagian juga saya belum bisa move on dari ucapan terima kasih yang ada di dompet saya.

Intinya seperti ini. Sama seperti luka di lutut kanan yang saya alami. Lukanya memang sudah sembuh tapi bekasnya masih tersisa. Memang sih bisa dipake obat penghilang bekas luka. Tapi buat apa harus menghilangkan sebuah kenangan bersama luka itu. Luka ini bisa ngingatin kejadian dulu. Belajar dari luka di lutut kanan. Jadi setiap kali ngelihat ada pelajaran yang bisa diambil. Jadi, kenapa harus dihapus? Kenangan itu ada untuk dilihat dan dipelajari, bukan untuk dibuang kok.
Share:

21 comments:

  1. Tips paling ampuh sih mendekatkan diri dengan Tuhan.. Soalnya segala macem di dunia ini kan Tuhan yang atur, jadi ya deketin yang punya kuasa.. Gitu aja dari saya.. Semoga lutut nya cepat move on, dan hatinya cepat sembuh.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dekatin diri sama Tuhan sih wajib meskipun gak putus2 sih mba :D

      Delete
  2. Beri waktu dirimu untuk berkabung. Jangan terlalu lama. Setelahnya kamu harus bangkit dan melangkah maju menghadapi kenyataan.

    ReplyDelete
  3. Perbanyak ibadah. Solusi paling tepat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibadahnya harusnya gak cuma saat putus kok :)

      Delete
  4. jangan denger lagu galau. bener banget tuh. terlalu lama berkubang dalam luka dan mengharap belas kasih mantan, ngenes banget kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, iya bang. Masih banyak sih cewek yang lain, tapi yg kayak dia itu.... *eh malah galau

      Delete
  5. kalo IMO sih.. cara ampuh buat MOVE ON jangan pernah berusaha buat move on, coz ini cuma soal waktu. Kalo berusaha move on kan sama aja mikirin terus. :D

    ReplyDelete
  6. jangan putus lebih solutif :p

    ReplyDelete
  7. hahaha,pengalaman yo? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, ini buat cewek yg saya taksir biar gk kebayang masa lalu gitu lagi. *eh :)

      Delete
  8. Dengerin lagu galau pas lagi mau move on itu memang ... ergh :|

    ReplyDelete
  9. Move on lagi, move on lagi. Masih pgn stay walau he's dont care nih. #Yaelah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kok malah curhat sih? *eh wkwkwk :D

      Delete
  10. Judul-judul yang kakak buat unik" :D Kreatif ^_^ *Semangat menulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya :)

      Kamu juga semangat ya

      Delete