Sunday, 20 July 2014

5 Langkah Agar Tidak Terlambat

Di Indonesia ada satu kata yang hampir kita dengar setiap hari. Terlambat. Terlambat merupakan sebuah kata yang paling populer dan selalu menghiasi hari-hari kita. Hampir semua keadaan di Indonesia berakhir dengan kata terlambat. Yang pelajar banyak yang sedih kalo terlambat ke sekolah. Pelajar lainnya gelisah kalo misalnya terlambat ngumpulin tugas. Bahkan kadang ada juga pelajar yang khawatir kalo dia terlambat datang bulan.
Terlambat Datang Bulan
Fenomena terlambat ini sudah bukan lagi hal baru di Indonesia. Saking seringnya kadang orang datang tepat waktu malah disambut dengan ucapan tumben sedangkan orang terlambat pasti diomelin. Ceritanya kayak makan buah simalakama. Terlambat diomelin, gak terlambat disindir dengan kata "tumben".

Karena fenomena terlambat ini semakin membahayakan maka kali ini saya mau bikin tips biar kamu gak telat lagi. Berikut ini hal yang bisa kamu coba untuk lakukan agar terhindar dari terlambat.

1. Bangun lebih pagi
Salah satu hal pertama yang bisa kamu lakuin biar gak terlambat ya dengan bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi membuat tubuh terjaga lebih awal sehingga ketika kamu harus segera bersiap untuk berangkat maka kamu bisa cepat melakukannya dan segera berangkat. Gampang kan?

Gimana caranya biar bisa bangun pagi? Ya kalo kamu susah bangun pagi karena emang gak biasa coba deh sekali-kali minta pacar buat bangunin pagi, kan banyak tuh yang minta dibangunin pacar. Kalo pacarnya suka kesiangan juga pake trik kedua, gunakan alarm. Kalo ini kemungkinan berhasilnya besar.

2. Niatkan datang tepat waktu
Berniat juga merupakan hal yang penting karena segala sesuatu itu tergantung dari niatnya. Percuma dong udah bangun pagi tapi gak punya niat buat datang tepat waktu. Biasanya permasalahan niat ini dipengaruhi oleh dua hal. Yang pertama faktor internal dan yang kedua eksternal.

Faktor internalnya misalnya seseorang merasa jika untuk apa dia datang telat karena kegiatan nanti juga tidak terlalu penting baginya. Sedangkan faktor eksternalnya terjadi kenapa seseorang meniatkan untuk terlambat biasanya dikarenakan pengalaman masa lalu dimana saat dia datang tepat waktu malah teman-temannya yang datang terlambat.
Telat?
3. Pikirkan bagaimana caranya sampai ke tujuan
Kalo kamu udah punya niat buat datang tepat waktu maka langkah berikutnya yang harus kamu pikirkan adalah bagaimana cara sampai ke tempat tujuan tepat waktu. Perhitungkan seberapa jauh jarak antara tempat tinggalmu dan tempat tujuan.

Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya kamu biar bisa segera sampai ke tempat tujuan yaitu dengan memikirkan kendaraan apa yang akan kamu naiki. Untuk hal ini setiap orang memiliki perbedaan masing-masing. Tapi kalo saran dari saya kamu bisa tidak terlambat kemanapun jika kamu minta ke orang tua buat dibeliin Nimbus 2000. Dijamin gak telat deh.
Nimbus 2000
4. Perhatikan waktu
Memperhatikan waktu sebenarnya terdengar sepele tapi ini harus dilakukan kalo kamu memang gak berniat untuk terlambat. Gimana kamu bisa gak terlambat kalo kamu gak tahu ini jam berapa. Solusinya adalah dengan beli jam tangan baru. Malas keluar? Yaudah beli online di zalora aja. Terus masuk ke bagian jam tangannya misalnya http://www.zalora.co.id/casio/. Tinggal tunggu barangnya nyampe terus pakai deh.

Kalo udah dipake jangan pernah majuin jamnya agar kamu gak telat. Emang sih kamu gak akan telat tapi itu gak bakal ngerubah dirimu loh. Kamu gak telat karena memang janya yang nipu, bukan karena kamu emang jadi orang yang gak suka telat lagi. Ingat loh ya, jika kamu tidak bisa merubah dirimu maka sekelilingmu juga gak bakalan berubah.

5. Berangkat
Kalo udah bangun pagi, udah niat gak terlambat, udah tahu gimana caranya biar bisa sampai tujuan tepat waktu, udah punya arloji buat ngelihat jam, maka hal yang terakhir yaitu berangkatlah. Percuma dong udah ngelakuin semuanya tapi ujung-ujungnya gak ada aksinya. Ya kalo kamu gak berangkat-berangkat kurang lebih sama lah kayak udah lama PDKT tapi gak ditembak-tembak juga pada akhirnya. Ujung-ujungnya jadi korban PHP deh.
Siapa yang PHP dia?
Sekian lima hal yang bisa kamu lakukan agar gak terlambat. Bisa kamu coba terapin kalo emang lagi pengen tepat waktu. Iya semuanya memang tergantung dari diri kita juga. Karena waktu ibaratnya adalah sebuah aliran yang sungai yang terus berjalan, kita tak bisa menghentikan atau membalikkannya. Satu-satunya cara kita adalah dengan membuat tubuh kita tetap aman di aliran sungai tersebut. Jadi jangan suka telat ya.
Share:

18 comments:

  1. Hahaha dulu gue dicap anak paling "selaw" karna paling lama dateng tapi gak pernah dimarahin, dan yang ngeselinnya kalo udah dateng lebih awal malah dibilang "tumben" -__-

    ReplyDelete
  2. yang susah itu telat karena macet, kayak di Jakarta. Mau berangkat seawal apapun,kalo udah kena macet bisa aja telat. Unpredictable lah pokoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyasih, tapi coba beli nimbus 2000 deh :D

      Delete
  3. gue selalu ber prinsip jam karet, tapi selambat-lambatnya (semales-nya) gue, orang disekitar gue yang lebih jam karet... jadi ya win-win gitulah...

    nimbus 2000 hmm... udah belajar teleportnya kaum saiyan --dragon ball? lebih afdol itu <<apalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sekalian pake karpet terbangnya om jin aja deh :D

      Delete
    2. asal dtemenin putri jasmine juga #eaa

      Delete
    3. Jasmine anaknya mpok minah?

      Delete
  4. Akhir - akhir ini saya suka telat.. Kebawa budaya jam karet kayaknya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilawan dong, jika kamu tidak berubah maka lingkungan sekitarmu juga tidak akan berubah :)

      Delete
  5. dulu sih gue sering dateng rajin, tapi berhubung temen2 gue pd dateng ngaret. eh gue ketularan deh.malah sekarang gue yg ngaret terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini namanya salah pergaulan wkwkwk :p

      Delete
  6. Ngomgin soal telat, gue malah dpt prestasi tukang telat loh katanya 14 besar hahhaah #plak

    ReplyDelete
  7. pasang alarm yang banyak hahhaha

    ReplyDelete
  8. kalo aku anak rumahan, itu yang bikin telat biasanya macet mas, kalo gak gitu ban motor tiba-tiba bocor. kan sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makannya berangkat lebih awal Fer wkwkwk

      Delete