Sunday, 15 March 2015

Kebun Binatang Berukuran 21 Inch

Sebelum membuka tulisan saya sendiri kali ini mengenai kebun binatang berukuran 21 inch, saya mau mengucapkan selamat kepada diri saya sendiri. Iya, jadi ini tulisan pertama saya setelah berpindah ke domain ekaapristian.com. Iya, domain udah berpindah, tinggal hati aja yang masih tertahan di tempat lama. Untuk merayakan tulisan pertama ini saya mau bahas soal kebun binatang.

Kebun binatang atau dalam bahasa Inggris disebut dengan zoo adalah sebuah tempat berkumpulnya para binatang dari seluruh dunia. Bukan, mereka berkumpul bukan untuk melakukan konferensi tingkat tinggi di antara para binatang yang ada diseluruh dunia, mereka berkumpul untuk dipamerkan kepada warga sekitar yang mungkin tidak pernah melihat beberapa jenis hewan sebelumnya.

Bagi saya pribadi, berkunjung ke kebun binatang adalah hal yang menyenangkan. Saya yang sebelumnya tinggal di daerah Gorontalo tentunya sangat asing dengan hewan-hewan seperti macan ataupun serigala. Oleh karenanya kesempatan berkunjung ke Batu Secret Zoo jadi hiburan tersendiri bagi saya yang memang tidak pernah melihat beberapa hewan tersebut di rumah.

Bagi kalian yang pernah berkunjung ke kebun binatang pasti sangat senang ketika melihat hewan-hewan yang tidak familiar di lingkungan kalian tapi tetap bisa dilihat secara langsung. Lebih senang lagi kalo misalnya bisa dapat kesempatan buat foto sama salah satu hewan yang ada disana, apalagi kalo fotonya gratis. Pasti bisa lebih senang lagi.
Foto Sama Harimau
Nah bagi kalian yang kebetulan tinggal di lokasi tak berkebun binatang jangan khawatir jika kalian ingin melihat binatang tapi tidak bisa melihatnya secara langsung. Kecanggihan teknologi yang ada saat ini berhasil membawa binatang-binatang tersebut semakin dekat dengan tempat tinggal kita.

Jika sebelumnya seluruh hewan yang ada di dunia dikumpulkan dalam sebuah lahan seukuran beberapa hektar bernama kebun binatang, maka sekarang hewan-hewan tersebut bisa dikumpulkan di sebuah alat elektronik yang berukuran jauh lebih kecil lagi yaitu TV Indonesia. Iya, TV tempat kita sering dengar berita soal Haji Lulung yang sangat fenomenal itu.

Entah karena hal apa, tapi sekarang para binatang sudah mulai masuk dan menguasai pasar di TV Indonesia dengan masuk ke program-program yang ada di dalamnya. Mereka hampir menguasai semua lini yang masuk ke dalam TV. Mulai dari musik, sinetron, bahkan dunia hukum politik juga tak luput dari ekspansi para binatang ini.

Di dunia musik kita tentu sudah tidak asing lagi dengan para bintang yang bernama-nama binatang. Misalnya saja trio macan, tiga macan, hingga terakhir yang sangat menghibur para penonton dengan goyang dribble mereka yaitu duo serigala. Satu hal yang mengganggu pikiran saya kenapa semua penyanyi dangdut tersebut memilih nama binatang yang lebih buas? Apa karena goyangan mereka yang terlalu buas? Entahlah.


Dunia sinetron juga sudah mulai dikuasai oleh para penguni kebun binatang. Kalian tentunya sudah tidak asing lagi mendengar judul sinetron dari dua stasiun TV besar yang memang menyajikan nama binatang sebagai judul program mereka. Ganteng-ganteng serigala dan tujuh manusia harimau. Sekali lagi saya bingung kenapa mereka menggunakan nama binatang yang buas, apa karena isi program mereka yang terlalu bahaya untuk ditonton? Entahlah.
Ketiga, dunia hukum dan politik. Saya sendiri sebenarnya takut menuliskan hal ini karena takut setelah tulisan ini di post tiba-tiba ada hak interpelasi dari anggota dewan yang mempertanyakan alasan saya kenapa membahas binatang di dunia politik. Di dunia hukum kita tentu sudah tahu kejadian beberapa tahun lalu soal cicak vs buaya yang memang sangat tenar.
Bagaimana dengan dunia politik? Di dunia politik ekspansi mereka berjalan secara lebih halus. Mereka tidak menggunakan nama-nama binatang seperti dalam bidang yang lain. Akan tetapi keadaan saling menjatuhkan antara satu dengan yang lain, korupsi yang terus berjalan, serta janji menyejahterakan rakyat pas pemilu yang sekarang entah menghilang kemana. Kan An(sensor)ng.

Jadi sekarang ketika kalian liburan dan ingin ke kebun binatang, kalian bisa melihat binatang dalam sebuah kotak kecil seukuran 21 inch. Tinggal pilih binatang menghibur dan dapat membuka pikiran seperti koala kumal yang lagi gencar promo, atau mau lihat binatang-binatang buas yang mungkin dapat merusak pola pikir kalian.

Satu hal yang perlu kita sadari. Liburan yang bisa membahagiakan tak selalu berada di tempat yang jauh, kadang dia ada sangat dekat dengan kita tanpa kita sadari. Kita hanya butuh lebih peka terhadap keadaan sekitar. 
Share:

9 comments: