Sunday, 26 April 2015

Gorontalo Menanti Kalian

Hari minggu sangat identik dengan yang namanya liburan. Banyak orang yang selalu menantikan hari minggu untuk pergi berlibur. Tentunya cara mereka menikmati liburan juga berbeda-beda. Liburan saya pagi ini saya isi dengan duduk di depan laptop sambil menulis tulisan yang sementara kalian baca saat ini. Kadang ada yang menghabiskan waktu pergi ke tempat wisata, ke pusat perbelanjaan, dan ada yang menghabiskan hari minggu masih dengan bekerja. Iya, mencari uang kadang sesulit itu.

Nah buat kalian yang udah punya cukup uang saya mau mereferensikan tentang tempat liburan yang semoga aja bakalan keren bagi kalian. Rekomendasi kali ini saya berikan buat kalian yang udah bosan berlibur ke kota besar di Indonesia dan ingin merasakan liburan yang berbeda. Selain itu saya sengaja menuliskannya di bulan april biar kalian semua bisa mulai nabung dari sekarang biar pas libur panjang nanti bisa ke Gorontalo.

Tepat sekali. Sebagai anak asli daerah Gorontalo mungkin mempromosikan daerah Gorontalo merupakan tanggung jawab saya. Harapannya minimal ya biar Gorontalo bisa dikenal lebih luas dalam berbagai hal selain dari video polisi Gorontalo menggila yang sempat heboh pada 2011 yang lalu. Ya misalnya juga kalo sempat dibaca sama pemerintah terus mau ngangkat saya jadi duta pariwisata ya alhamdulillah, tapi saya yakin pemerintah gak akan sekhilaf itu.

Jika kalian punya waktu yang cukup banyak buat berlibur maka kalian bisa menikmati Gorontalo. Berikut saya rekomendasikan mengenai beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi ketika ada di Gorontalo..

1. Menara Keagungan Limboto

Yup, buat kalian yang ingin menikmati indahnya menara Eiffel di Paris tapi tak memiliki budget yang cukup maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba menara Eiffel KW edisi Gorontalo ini. Menara yang dibangun sejak tahun 2001 ini terdiri dari lima lantai yang bisa anda rasakan di setiap lantainya. Dari lantai dua dimana mobilnya masih besar, sampai di lantai paling atas saat lihat mobil sudah terlihat sangat kecil. Ada dua alternatif untuk bisa naik ke lantai atas. Tangga ataupun Lift. Saya merekomendasikan agar kalian menaiki tangga, terutama bagi mereka yang selalu memiliki rencana besar untuk berdiet.
Menara Keagungan
2. Taman Bawah Laut Olele

Bagi kalian yang suka main air maka Olele adalah pilihan yang tepat ketika berada di Gorontalo. Taman laut inilah yang menjadi alasan kenapa para wisatawan asing sangat suka menikmati keindahan bawah laut disini. Hal yang menjadi ciri khas dari taman bawah laut ini adalah sponge yang bernama Salvador Dali. Sponge yang berbentuk simbol cinta ini mungkin bisa dijadikan sebagai tempat melamar kekasih yang tidak mainstream.
Spons Salvador Dali
3. Tumbilotohe

Bagi kalian yang mendatangi Gorontalo saat bulan Ramadhan maka kalian tidak bisa ketinggalan untuk menikmati festival yang satu ini. Festival yang dimulai pada malam ke dua puluh tujuh dan berakhir pada malam ke dua puluh sembilan di bulan ramadhan ini menghadirkan suasana yang berbeda. Jadi pada festival ini seluruh warga Gorontalo akan menaruh lampu botol di sepanjang jalan depan rumah dan tidak jarang juga banyak yang mendekorasi lampu botol sehingga terlihat menarik. Festival ini jangan sampai anda lewatkan.
Tumbilotohe
4. Masjid Hunto Sultan Amai
Sebagai salah satu poros penyebaran agama islam di wilayah di Indonesia timur tentunya Gorontalo memiliki peninggalan sejarah yang sangat khas. Salah satu diantaranya adalah Masjid yang satu ini. Masjid yang dibangun sejak tahun 1495 ini menjadi syarat dari Sultan Amai ketika ingin meminang salah satu puti raja di Gorontalo. Meskipun sudah berusia sekitar 500 tahun tapi arsitek asli awal masjid berukuran 12 X 12 meter masih dipertahankan dengan ditambah beberapa ruang tambahan. Di masjid ini kalian bisa menemukan mimbar tempat khotbah, tiang bagian utama masjid, al-qur'an dengan tulisan tangan, serta buku me'raji berbahasa Gorontalo yang ditulis dengan tulisan arab melayu. Semuanya sudah berusia sekitar 500 tahun. Gokil.
Masjid Hunto
5. Desa Suku Bajo
Buat kalian yang seangkatan dengan saya dan pernah baca cerita Deni manusia ikan di majalan Bobo tentunya akan sepemahaman dengan saya jika mungkin Deni adalah anak asli suku Bajo. Suku Bajo adalah suku yang hidup diatas air. Jika para penikmat alam menikmati indahnya bawah laut, maka bagi suku ini laut adalah rumah mereka. Jika kalian yang ingin merasakan bagaimana rasanya hidup di atas laut maka mendatangi tempat ini adalah pilihan yang sangat tepat. Disini juga terdapat penginapan sederhana yang dapat disewa untuk bermalam. Keuntungannya sangat jelas, selain bisa melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam secara perlahan bisa tidur diatas air dan merasakan udara yang benar-benar segar tanpa polusi sepeda motor.
Suku Bajo Torosiaje
Itu tadi lima lokasi yang saya sarankan ketika anda ingin berkunjung ke Gorontalo. Sebenarnya ada begitu banyak lokasi keren lainnya yang harus anda coba ketika ke Gorontalo. Saya tidak menuliskan semuanya disini, karena mungkin pembaca akan bosan dengan tulisan yang terlalu banyak. Mungkin di post yang lain akan coba saya tuliskan mengenai hal lain yang ada di Gorontalo. Semoga tulisan ini bisa mendorong minat kalian untuk berlibur ke wilayah-wilayah lain di timur Indonesia khususnya Gorontalo. Semoga juga dengan tulisan ini saya sudah dipertimbangkan diangkat jadi duta pariwisata Gorontalo. Gorontalo menanti kalian, teman.

Buat yang penasaran dengan Gorontalo, ini ada video yang menjelaskan betapa kerennya tempat ini.
Share:

18 comments:

  1. Deni manusia ikan dimajalah bobo tu jaman q waktu kecil ka hahaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah? Kirain kamu main di era si Komo :D

      Delete
  2. ah emang udah kewajiban anak daerah untuk promosi daerahnya. aku juga sering. haha
    btw, itu lautnya masih keren banget ya. dan satu lagi yang menarik hati untuk ke gorontalo. katanya disana ceweknya cakep-cakep. bener gak? haha

    ReplyDelete
  3. wihh, gaul.
    baru tau gorontalo seindah ini, biasanya yg diliput di sulawesi bunaken mulu soalnya :))
    ah, sulawesi memang indah!

    ReplyDelete
  4. Gaga da'a..haha
    Selain itu Gorontalo juga orangnya ramah dan anti macet..krna memang masih tergolong 'belia'untuk ukuran sebuah provinsi..namun walau dmikian Gorontalo ttap nyaman dan ttap berkesan di kalangan pendatang..

    Salam dari anak gorontalo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal keramahan sepertinya smua Indonesia masih seperti itu :) Soal macet, bolo po sabarai, apalagi kalo sembo lo senggol haha :D

      Delete
  5. Baru tahu kalo suku bajo yang terkenal itu ada di Gorontalo. Gue malah penasaran sama situasi pas bulan puasa itu tuh. Kayaknya seru. Salam kenal yaa! \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suku bajo banyak kok, hampir di seluruh perairan utara sampe ke Filipina, salah satunya ada di Gorontalo.

      Nah iya, patut dicoba datang pas ramadhan tuh :D

      Delete
  6. Aku pengen ke Desa Suku Bajo.. Tapi kalok dari Medan - Gorontalo kayaknya butuh dana yang ngga sedikit.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makannya nabung dari sekarang ya :D

      Delete
    2. Trus perginya 5 tahun kemudian.. Wkwkwk :P

      Delete
  7. keren gan!
    salam dari pantai pocin marisa :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu, orang Gorontalo olo? :D

      Delete
    2. ane aslinya dari malang
      maytua ane yg asli limboto, deket menara itu gan :-D

      Delete
    3. Tabubale am, ana asli Gorontalo cuma kuliah di Malang haha

      Delete
    4. hahay
      begitulah gan dunia ini, dan itu yg membuatnya jadi menarik :-D

      Delete